Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIH 02 dilaksanakan secara blok. Diperkirakan membutuhkan waktu sekitar 6–7 pekan. Setelah pelajaran Akidah/Akhlak selesai, beberapa pekan selanjutnya disambung dengan Bahasa Arab. Ustaz Aruf mendapat tugas untuk membantu mengajar pelajaran Bahasa Arab. Tugas mengajar ini lebih fokus pada keterampilan anak dalam menulis huruf Arab. Kemudian, menjelang PAS (Penilaian Akhir Semester), Ustaz Aruf juga mendapat tugas membuat soal Bahasa Arab.

Pekan PAS berlangsung. Tes Bahasa Arab terjadwal pada Rabu, 6 Desember 2023. Tes Bahasa Arab beriringan dengan tes hafalan hadis. Ustazah Layla dan Ustaz Aruf menjadi pengawas sekaligus penguji pada tes tersebut.  Ustazah Layla dan Ustaz Aruf sepakat untuk membarengkannya.

Soal Bahasa Arab dibagikan. Setelah semua anak mendapatkan soal, Ustazah Layla memberikan instruksi, “Perhatikan sebentar, Teman-Teman, nanti saat mengerjakan soal, yang dipanggil Ustazah Layla maupun Ustaz Aruf, bisa maju ke depan, ya, nanti akan dilakukan tes hafalan hadis.”

Anak-anak pun mengerjakan soal dan beberapa lainnya secara bergiliran juga mengikuti tes hafalan hadis.

Semua anak sudah dipanggil secara bergiliran mengikuti tes hafalan hadis. Waktu masih tersisa. Beberapa anak sudah selesai mengerjakan tes Bahasa Arab, sebagian yang lain belum.

“Waktu tinggal 10 menit atau jarum panjang sampai di angka 4, ya,” peringatan Ustaz Aruf.

“Jika sudah selesai, lembar soal dan jawaban dibalik dan tetap ditaruh di atas meja masing-masing,” instruksi Ustazah Layla.

Ustaz Aruf mengamati beberapa anak. Terlihat sebagian besar lembar soal dan jawaban mereka sudah dibalik. Termasuk Kennard. Ustaz Aruf melihat sesuatu dari gerak-gerik Kennard. Tangannya masuk ke laci. Ternyata ia mengambil jilidnya. Ia menarik jilidnya dari dalam laci. Kemudian membacanya. Ia melakukan itu sambil menunggu waktu habis.

Masyaallah. Kennard memanfaatkan waktu dengan hal yang sangat bermanfaat. Ia memanfaatkan waktu tidak untuk mengobrol dengan teman ataupun bermain. Tetapi ia memanfaatkannya dengan mendaras jilidnya. Betapa menggembirakannya lagi jika Kennard bisa memanfaatkan waktu dengan baik pada kondisi yang lainnya lagi.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *