Jam menunjukkan pukul 8.15. Suara bel pun terdengar di seluruh penjuru SDIH 02. Pertanda pelajaran BAQ kelas 2 segera dimulai. Beberapa anak kelas 2 sudah keluar kelas. Menuju ruang pelajaran BAQ sesuai kelompok masing-masing. Kelompok BAQ Bu Shoffa bertempat di ruang kelas 2. Kelompok BAQ Ustaz Adhit di ruang sebelah utara Ruang Guru dan TU. Dan kelompok BAQ Ustaz Aruf di ruang musala.

Kegiatan BAQ di tiap-tiap kelompok berjalan dengan normal. Ada hal menarik saat Ustaz Aruf mengampu pelajaran BAQ di kelompoknya. Seperti biasa, sebelum memulai pelajaran BAQ, Ustaz Aruf mengondisikan anak-anak dahulu supaya siap untuk belajar. Jika dirasa sudah siap, pelajaran BAQ pun dimulai. Saat Ustaz Aruf mengondisikan anak-anak, terlihat ada anak yang sudah tertib lebih dahulu. Namanya Kennard. Ia sudah siap terlebih dahulu dibandingkan dengan teman-temannya. Dengan duduk rapi. Tangan dilipat di atas meja. Menghadap Ustaz Aruf. Tanda sudah siap untuk belajar. Saat itu juga, Ustaz Aruf langsung memberikan apresiasi dengan mengarahkan jempol ke arah Kennard, “Hebat! Kennard sudah siap.”

Mendengar dan melihat itu, teman-teman Kennard terlihat seperti malu. Satu per satu teman-teman Kennard, spontan ikut tertib seperti yang baru saja ditunjukkan oleh Kennard. Kegiatan BAQ pun dapat dimulai dengan kondisi yang sudah siap untuk belajar. Dengan sikap itu, Kennard telah mengawali hal yang baik.

Tidak jauh dari kejadian itu, Kennard mengawali hal baik lagi. Tepatnya saat tahapan tahfiz dalam pelajaran BAQ. Selepas Ustaz Aruf mencontohkan bacaan ayat yang akan dihafal, anak-anak menirukan bacaan ayat itu. Saat semua anak menirukannya, terdengar bacaan Kennard yang sudah baik. Ustaz Aruf menunjuk Kennard menjadi yang pertama membacakan ayat yang sudah dihafal. Mendengar dan melihat Kennard membacakan ayat itu dengan baik, lantang, dan jelas, teman-teman Kennard mejadi termotivasi dan ingin ditunjuk untuk membaca seperti Kennard.

Masyaallah. Kennard telah mengawali hal yang baik dalam pelajaran BAQ. Tidak hanya satu atau dua hari saja, bahkan ia sering melakukan hal itu. Ustaz Aruf senang dengan sikap yang Kennard tunjukkan. Semoga menjadi motivasi bagi teman-temannya untuk meniru hal baik yang telah ditunjukkan Kennard.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *