Srondol Wetan, 17 Februari 2024

SD Islam Hidayatullah 02 Semarang Sabtu (17/02) pagi ini menghelat Festival Ceria. Kegiatan ini terselenggara berkat kolaborasi dengan Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) Kecamatan Banyumanik.

Festival menghadirkan dua macam lomba: Senam P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dan Plating Bekal Sehatku. Total ada 44 TK se-Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, yang mengirimkan delegasinya.

Senam P5 diikuti oleh 43 regu. Masing-masing terdiri dari 6—10 murid TK. Sementara, lomba menata (plating) bekal anak sekolah diikuti oleh 77 tim dengan melibatkan 230 orang peserta. Mereka adalah para orang tua murid TK.

Biyan, salah seorang peserta lomba Senam P5 dari TK ABA 43, mengaku sedikit grogi. Ditanya sebelum acara dimulai, gadis mungil nan periang itu tampak ragu untuk menjawab. Dia hanya mengangguk ketika ditanya apakah deg-degan.

Biyan (kanan) bersama tiga temannya

Lain halnya dengan Naufal, salah seorang personel regu TK PGRI 42 Srondol. Bocah lucu ini dengan tegas menyatakan siap mengikuti lomba Senam P5.

“Enggak!” jawabnya ketika ditanya apakah merasa takut.

Naufal (tengah) bersama kawan-kawan setimnya

Kegiatan dipusatkan di lapangan futsal SD Islam Hidayatullah. Panggung utama dipasang menghadap ke selatan di sisi utara. Panggung bernuansa biru berhiaskan ratusan balon warna-warni itu menjadi ajang penampilan peserta lomba Senam P5.

Di sisi barat lapangan berdiri tenda memanjang dari utara ke selatan. Di bawah tenda itulah para peserta lomba plating akan beradu keterampilan menata bekal anak sekolah. Panitia menyediakan dua lepak (tempat makanan). Lepak plastik sudah berisi satu paket menu bekal sehat. Yang satu lagi, lepak mika, disediakan sebagai tempat untuk menata menu yang tersedia. Para peserta akan berlomba menyajikan menu seestetis mungkin sehingga mengundang selera makan anak-anak.

Selain kedua lomba sebagai kegiatan utama, Festival juga dimeriahkan dengan bazar. Aneka produk barang dan jasa digelar di puluhan stan. Tenda stan bazar membujur dalam tiga deret. Satu deret berada di sisi timur lapangan dan dua deret lainnya terletak di are parkir sebelah timur lapangan.

Sejumlah stan menyajikan aneka produk kuliner dan busana. Tentu mereka mengusung menu dan mode kekinian. Di bidang jasa, ada stan lembaga pendidikan dan perbankan. Bank Syariah Indonesia (BSI), sebagai sponsor utama, tidak ketinggalan mengisi salah satu stan bazar.

Beberapa peserta bazar mulai menata stan sejak pukul 6 pagi.
Bagikan:

By Teguh Gw

Pekerja serabutan yang ingin bisa terus belajar dan belajar terus bisa

2 thoughts on “44 TK Meriahkan Festival Ceria”
  1. Terima kasih, Bu Sari, Ketua IGTKI Kecamatan Banyumanik. Kami merasa mendapat penghormatan yang luar biasa atas bantuan dan kerja samanya. Semoga makin memperkuat persaudaraan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *