Suara bel, tanda waktu salat Zuhur terdengar di semua penjuru SDIH 02. Menandakan salat Zuhur berjemaah hendak dimulai. Ustaz Aruf segera masuk ke ruang kelas 2 untuk membantu mengawal praktik wudu anak-anak.

Terlihat anak-anak sedang bersiap-siap untuk berwudu. Dengan melingkis baju dan celana secukupnya. Kemudian mereka duduk di karpet dan mengikuti instruksi dari kapten kelas untuk melakukan tepuk wudu dan melafalkan niat wudu. Kelompok yang paling tertib akan dipilih lebih dahulu untuk menuju tempat wudu.

Semua anak sudah berada di tempat wudu. Menunggu giliran untuk berwudu. Ridho, Sultan, dan teman-teman sekelompoknya sedang duduk mengantre. Mereka terlihat tertib. Ustaz Aruf pun segera memanggil mereka menuju keran wudu.

Tiba-tiba Ustaz Aruf memergoki Ridho sedang mengajak Sultan untuk segera berwudu, “Ayo, Sultan! Wudu, yuk!

Sultan pun mengikuti ajakan Ridho.

Keduanya lalu berwudu bersama teman-teman sekelompoknya. Yang membedakan dari teman-temannya, dari awal sampai akhir Sultan mengekor Ridho langkah demi langkah. Setelah semua anggota kelompok selesai berwudu, Ustaz Aruf menyilakan mereka berdoa.

Saat hendak mengontrol praktik wudu kelompok selanjutnya, Ustaz Aruf mendengar dan melihat lagi Ridho mengajak Sultan untuk segera berdoa setelah berwudu, “Ayo, Sultan! Berdoa, yuk!

Sultan pun terlihat ikut berdoa bersama Ridho. Terlihat juga mereka segera berjalan menuju musala.

Salat Zuhur berjemaah telah selesai dilaksanakan. Yang paling tertib akan dipanggil lebih dahulu untuk menuju kelas. Tiba-tiba Ustaz Aruf teringat: Sultan di mana, ya? Kok tidak terlihat dari tadi? Tidak terduga: ternyata Sultan duduk tertib di samping Ridho. Ustaz Aruf menduga: Ridho mengajak Sultan untuk duduk di sampingnya.

Masyaallah. Ajakan Ridho kepada Sultan untuk segera berwudu, berdoa setelah wudu, segera menuju musala, dan berada di sampingnya saat salat Zuhur telah membuat Sultan terlihat sangat tertib. Tindakan Ridho jelas termasuk tindakan yang mengajak pada hal yang baik. Bapak dan Ibu Guru senang ada murid yang suka mengajak pada kebaikan. Semoga akan terus berlanjut dan menjadi pembiasaan di sekolah.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *