Rabu, 03 April 2024. Hari terakhir masuk sekolah sebelum liburan hari raya Idulfitri. Hari itu masih berkaitan dengan serangkaian kegiatan Pesantren Ramadan. Kegiatan pembelajaran hari itu: tahfiz pagi, refleksi kegiatan Senin, (01/04/2024), Duha, istirahat, pembagian hadiah collaborative camp, simulasi salat Idulfitri, salat Zuhur berjemaah, dan pulang. Semua kegiatan di hari Senin dilaksanakan di kelas masing-masing, kecuali simulasi salat Idulfitri dan salat Zuhur berjemaah.

Pada kegiatan pembagian hadiah collaborative camp di kelas 2, semua anak mendapatkan bingkisan hadiah sesuai dengan kategorinya. Selain itu, ada hadiah lagi. Hadiah khusus untuk beberapa anak yang mendapatkan predikat tulisan yang baik saat menulis refleksi kegiatan Senin, 01 April 2024. Beberapa anak itu: Adia, Nadia, Kalynn, dan Ridho.

Setelah pembagian hadiah, anak-anak meminta waktu istirahat sebentar. Anak-anak pun diizinkan. Ada yang bermain di luar kelas. Ada yang tetap di kelas. Kebetulan Ustaz Aruf masih di kelas. Pandangan tertuju pada Kalynn, yang sedang membuka hadiah khusus. Ada Naren dan beberapa anak juga yang ikut melihatnya. Ada hal menarik saat itu. Saat bingkisan hadiah dibuka, beberapa temannya mendekat, kemudian melihat dan memainkan isi hadiah khusus itu. Berbeda dengan Naren. Naren berjalan menuju tempat sampah. Kebetulan melewati Ustaz Aruf.

“Naren, itu sampah pembungkus bingkisannya siapa?” tanya Ustaz Aruf.

“Punya Kalyyn. Di mejanya, Ustaz,” jawab Naren.

“Kenapa Naren yang membuangnya?”

“Ya, ga pa-pa, Ustaz,”

“Oh, begitu. Ya, sip, bagus! Naren!”

Alhamdulillah. Beberapa anak sudah peduli dengan kebersihan. Seperti Naren. Ia tak segan membersihkan meja temannya. Bahkan tanpa diminta. Dengan kesadarannya, Naren melakukannya. Ustaz Aruf bersyukur. Sekaligus berdoa, semoga perilaku Naren menular kepada teman-temannya.

Bagikan:
One thought on “Peduli Kebersihan (2)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *