“Teman-Teman, mulai hari ini di kelas kita akan ada guru baru. Nanti beliau akan menemani Teman-Teman semua dalam bermain dan belajar di sekolah. Namanya adalah ….”

“Bu Eva!”

Belum sempat Bu Wiwik melanjutkan kalimatnya, sebagian besar murid sudah dapat menyebutkan nama guru baru tersebut.

Bu Eva adalah guru baru di SD Islam Hidayatullah 02. Beliau mulai bergabung dengan sekolah ini sejak awal Maret 2023.

Sebelum masuk kelas untuk kali pertama, Bu Eva dipanggil Kepala Sekolah. Pak Kambali, Kepala Sekolah, menyampaikan bahwa tugas Bu Eva selama sepekan pertama adalah mengamati proses pembelajaran, pembiasaan, dan apa pun yang terjadi di dalam maupun di luar kelas. Kepala Sekolah juga berpesan, selama sepekan itu, tugas Bu Eva hanya mengamati, bukan untuk ikut memberikan treatment kepada murid. Hal ini dimaksudkan agar Bu Eva benar-benar memahami dulu cara penanganan murid sesuai kebiasaan di sekolah.

“Bu Eva itu kerjanya ngawasin kita waktu istirahat supaya mainnya nggak berlebihan,” celetuk Sultan suatu ketika.

Rupanya Bu Eva berhasil mengambil posisi strategis. Mengamati murid-murid ketika jam istirahat merupakan salah satu cara yang efektif untuk lebih memahami karakter anak. Pada jam istirahat, murid-murid akan lebih menjadi diri mereka sendiri. Apa adanya.

Gimana, Bu Eva? Selama sepekan ini, apa yang njenengan temui?” tanya Pak Kambali di suatu kesempatan.

“Menurut saya, anak-anak di sini mudah diajak kerja sama, Pak. Mereka termasuk anak yang tertib,” jawab Bu Eva.

“Mengapa Bu Eva bisa menilai demikian?” tanya Pak Kambali penasaran.

“Saya pernah mengajar murid kelas 1 di sekolah lain. Kondisinya tidak sekondusif kelas 1 di sini, Pak,” jelas Bu Eva.

Jawaban Bu Eva ini melegakan Bu Wiwik. Sebagai orang baru di sekolah, penilaian Bu Eva ini bisa dibilang objektif. Beliau menilai berdasarkan apa yang diamati dan dialami.

Dalam beberapa kesempatan mengobrol pun, temuan Bu Eva juga tak jauh berbeda dari apa yang dialami Bapak Ibu Guru yang sejak awal tahun ajaran telah membersamai murid-murid.

Bu Eva telah melaksanakan tugasnya dengan baik. Tantangan baru segera menanti. Melanjutkan yang sudah baik dan memperbaiki yang perlu diperbaiki. Refleksi dan evaluasi juga harus terus dilanjutkan untuk menemukan langkah yang tepat. Selamat bergabung, Bu Eva!

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *